AGAMA

Advertisemen
            Agama berasal dari kata sansekerta, yang memiliki arti A= tidak dan gamma =kacau berarti sesautu yang tidak kacau, tidak hancur, tidak bingug yag diturunkan atau diwariskan dari generasi ke generasi. Menurut para ulama agama adalah undang-undang kebutuhan manusia dari Allah SWT yang mendorong manusia berusaha untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Menurut Harun nasution adalah suatu hubungan antara manusia dengan kekuatan ghaib. Selain itu ada beberapa kharakterisitik agama, antara lain adalah :

  1. Adanya kepercayaan terhadap suatu kekuatan yang ghaib.
  2. Kebahagiaan yang di capai manusia di bumi dicapai jika ada hubugan baik antara manusia dan kekuatan ghaib.
  3. Unsur emosioal seperti rasa takut dan rasa cinta.
  4. Adanya kepercayaan terhadap roh kudus dan suci seperti kitab suci yang mengajarkannya didalamnya segala tunutunan hidup da beribadah.
        Agama dapat diklasifikasikan terhadap 2 macam yaitu:
  1. Agama Samawi yaitu agama langit yag di turunka oleh tuhan (Allah SWT) melalui malaikat-malaikatnya untuk disampaikan kepada utusannya yang kemudia di ajarkan kepada ummatya.
  2. Agama Ardhi adalah agama yang timbul karena adanya budaya yang disebabkan adanya proses antropologisme, bukan berasal dari Tuhan. Namun aturan-aturannya berasal dari kebudayaan
Selain itu karakteristik dari Agama Samawi dan Agama Ardhi adalah:
  1. Agama samawi menganut kepada konsep ketuhanan, namun agama ardhi tidak.
  2. Agama samawi percaya kepada nabi dan rasul namun agama ardhi tidak.
  3. Agama samawi memiliki kitab suci untuk tuntunnanya, tapi agama ardi tidak, mereka mengikuti budaya saja
  4. Agama samawi ajarannya jelas dan tegas, namun agama ardhi kabur dan elastis (endang saefudin ashari, 1968)
  5. Agama samawi adalah agama missionary, agama ardhi tidak.
         Latar belakang mengapa manusia butuh agama adalah karena adanya fitrah manusia. Pada mulanya manusia dilahirkan kebumi dalam keadaan fitrah, karena orang tuanyalah mereka menjadi yahudi, nasrani dan madjusi. Ini semua di jelaskan pada surah Ar-Rum 30:30 dan Al-A'raf 7:172.
        Manusia memiliki kelemahan dan kekurangan. Menurut sufi dalam diri manusia terdapat doronga hati sehingga melakuka perbuata-perbuatan yang tidak terpuji. Selain itu mausia memiliki tatangan dalam hidupnya yaitu nabsu buruk, bisikan syaita dan godaan dari luar tubuhnya seperti hiburan,obat-obatan dll.
        Manusia dalam fitrahnya butuh terhadap agama, seperti butuh makan dan minum,  dalam mempertahankan diri serta keiginan memiliki  keturunan, itu semua harus diimbangi dengan adanya agama sehingga didapatkan kehidupan yang bahagia  baik didunia dan diakhirat nanti.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments

Perbedaan Hadian Objek PPh ps. 4 ayat (2) , ps. 23 dan ps 21

Hadiah (reward) yang dibayarkan atau terutang kepada subjek pajak dalam negeri merupakan objek PPh potongan dan pungutan. Dalam artikel kali...

© Copyright 2017 Coretan Anak Bangsa.... - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger