Pertemuan 1 PIE

Advertisemen
MATERI 1
Tempat  :    BDK Balikpapan
Dosen    :    Bpk.Marianto

Masalah Perekonomian
      a. Kelangkaan
      b. Pilihan-pilihan
      c. Biaya kesempatan

Ilmu Ekonomi Sebagai Ilmu Sosial
      a.Teori Ekonomi Mikro
             i). Interaksi Dipasar Barang
             ii).Tingkah Laku Pembeli & Penjual
             iii).Interaksi Dipasar Faktor Produksi
      b. Teori Ekonomi Makro
             i). Instrument Pendapatan Nasional
             ii). Aggregate Demand & Aggregate Supply



=====================================================                                                                   PERTEMUAN 1
=====================================================

MASALAH PEREKONOMIAN

          Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam menentukan pilihan dan menciptakan kemakmuran. Banyak yang menjadi alasan yang menjadikan begitu pentingnya ilmu ekonomi di kalangan masyarakat. Masalah utama pada ilmu ekonomi adalah keterbatasan atau ketidak seimbangannya kebutuhan/keinginan(needs) manusia dengan alat pemuas kebutuhan(resorces). Ketidakseimbangannya kedua pihak ini menimbukan suatu kelangkaan (scarcity) . Kelangkaan tidak akan timbul hanya jika resorces berlimpah, kualitas bagus, tersedia disetiap tempat dan gratis. Kelangkaan mengharuskan manusia untuk melakukan pilihan-pilihan yang harus dipilihnya. Misal seorang mahasiswa mendapat kiriman setiap bulannya 700 rb (Resorces), namun kebutuhan mahasiswa tersebut sangatlah banyak sehingga biaya kebutuhannya sebesar 1,4 jt. Dalam hal ini untuk menyeimbangkan resorces dan needs harus melakukan pilihan-pilihan. Seperti halnya merubah kualitas dan kuantitas kebutuhan, bekerja , atau  berhutang. Oksigen adalah sesuatu yang gratis bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan/pedesaan yang hijau. Tapi untuk mendapatkan udara bersih bagi masyarakat yang tinggal di daerah industri dengan polusi udara yang sangat tinggi menyebabkan mereka harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan udara bersih, seperti halnya rekreasi ke pedesaan. Selain kelangkaan dan pilihan-pilihan ada juga yang di sebut Opportunity Cost atau biaya kesempatan. Biaya kesempatan adalah biaya yang hilang karena manusia memilih alternatif lain. Seperti halnya memilih kuliah di STAN atau perguruan tinggi lainnya. Bagi mahasiswa STAN biaya kuliah yang di keluarkan oleh mahasiswa pada PTN lain adalah biaya kesempatan.

ILMU EKONOMI SEBAGAI ILMU SOSIAL

      a.Teori Ekonomi Mikro
            Seperti namanya Teori Ekonomi Mikro memiliki arti "Teori Ekonomi Kecil" maksudnya adalah teori    yang mempelajari tentang sebagian kecil dari seluruh kegiatan perekonomian
    
              i). Interaksi Dipasar Barang
                   Didalam eknomi pasar tidaklah berwujud secara fisik. Pasar adalah tempat bertemunya permintaan (demand) dan penawaran (supply) atau tempat bertemunya penjual dan pembeli. Melalui interaksi penjual dengan pembeli akan menentukan tingkat harga dan jumlah barang yang di perjual belikan.

             ii).Tingkah Laku Pembeli & Penjual
                    Didalam pasar pembeli dan penjual akan selalu menjalankan transaksi secara rasional. Pembeli selalu mencari keuntungan dengan menurunkan harga. Dan pembeli juga ingin selalu mencari keuntungan denga cara menaikkan harga. Dalam ekonomi mikro dipelajari (a)  bagaimana pembeli dengan memiliki sejumlah pendapatan dapat memiliki berbagai jenis barang yang dibutuhkannya. (b) penjual atau produsen dalam menentukan tingkat produksi yang akan dilakukannya,
             iii).Interaksi Dipasar Faktor Produksi
                   Individu-Individu yang berada dalam perekonomian adalah pemilik faktor-faktor produksi. Mereka akan menjual faktor-faktor produksi untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Beda dengan penjual, mereka membeli faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa mereka. Interaksi antara penjual dan pembeli faktor-faktor produksi menimbulkan suatu "harga" faktor-faktor produksi dan juga jumlah produksi faktor-faktor produksi.
      b. Teori Ekonomi Makro
                  Didalam teori ekonomi makro yang secara langsung memliki arti "besar" didalamnya menganalisis tentang masalah perekonomian secara global tidak lagi secara unit unit kecil. Didalam teori ekonomi makro kita tidak lagi menganalisis permintaan dan penawaran suatu barang (misal : permintaan mobil atau penawaran kopi) namun menganalisis permintaan dan penawaran secara keseluruhan(aggregat).
Tiga alasan mengapa adanya teori ekonomi makro adalah stabilitas harga, tingkat pengangguran yang rendah dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
             i). Instrument Pendapatan Nasional
                   Dalam teori ini akan menganalisis mengenai sejauh mana perekonomian akan terus menghasilkan barang dan jasa. Tingkat kegiatan perekonomian ditentukan dengan pengeluaran aggregat  dalam perekonomian. yang meliputi pengeluaran rumah tangga atau konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah, pengeluaran investasi serta ekspor dan impor.
             ii). Aggregate Demand & Aggregate Supply
                   Jika Demand (D) diperuntukkan untuk satu produk atau kumpulan dari kuantitas (Q) yang diminta dengan harga bervariasi, dan mempunyai hubungan terbalik antara harga dan kuatitas, maka Aggregate Demand (AD) adalah diperuntukkan untuk semua barang dan jasa dan memiliki hubungan terbalik antara tingkat harga dalam perekonomian dengan kuantitas (Q) semua barang dan jasa yang diminta, atau kumpulan dari seluruh permintaan agregat  barang dan jasa pada harga yang bervariasi. dalam perekonomian. Aggregate Supply (AS) mempunyai hubungan langsung antara tingkat harga (P) dalam perekonomian dan kuantitas agregat barang dan jasa yang ditawarkan. Maka Aggregate Supply (AS) adalah kumpulan dari tingkat harga dan kuantitas agregat yang di-supply.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments

Perbedaan Hadian Objek PPh ps. 4 ayat (2) , ps. 23 dan ps 21

Hadiah (reward) yang dibayarkan atau terutang kepada subjek pajak dalam negeri merupakan objek PPh potongan dan pungutan. Dalam artikel kali...

© Copyright 2017 Coretan Anak Bangsa.... - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger